Khotbah Idulfitri 2021 Masjid Al-Falah Panaongan: Ramadan Sebagai Spirit Memacu Gerakan Sosial Kemasyarakatan

NU OnlinePasongsongan

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pasongsongan, K. Ahmad Riyadi, mengatakan bahwa sejatinya, bulan Ramadan merupakan bulan hablum minallah, yakni bulan yang sangat baik untuk mempererat hubungan manusia dengan Sang Khaliq.

“Bulan ramadlan adalah bulan hablum minallah, yakni bulan untuk mempererat hubungan manusia dengan Allah swt.,” kata K. Ahmad Riyadi, saat menyampaikan materi khotbah pada Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 H. di Masjid Al-Falah, Panaongan, Pasongsongan, Kamis (14/05/2021).

Menurut beliau, umat Islam, terutama warga NU, harus bisa menjadikan bulan Ramadan sebagai spirit dalam melakukan kebaikan, lebih-lebih memperbanyak ibadah.

“Bulan Ramadan sebagai spirit manusia berbuat baik dan memperbanyak ibadah, baik individu maupun ibadah sosial,” lanjutnya.

Selain itu, sebagai bangsa yang penuh keragaman, K. Ahmad Riyadi, menyebut umat Muslim sebenarnya sudah punya pengalaman historis, menjadikan bangsa yang punya kekuatan sosial dengan menjadikan nilai-nilai humanisme sebagai pijakan.

“Ramadan sebagai spirit dalam memacu gerakan sosial kemasyarakatan. Sementara bulan syawal adalah bulan hablum minannas, yaitu bulan membangun hubungan silaturrahim atas dasar kemanusiaan,” tambahnya.

Membangun silaturrahim dengan konsep moderat, tutup K. Ahmad Riyadi, adalah membangun silaturrahim tanpa melihat perbedaan keyakinan, warna kulit dan agama. Hal itu, menurutnya adalah ajaran Islam yang sesungguhnya.

Reporter: Amir
Editor: Moh. Junaidi
Foto: Dokumen MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar