Selain Tata Kelola Organisasi, Turba di Ranting NU Panaongan 2 Juga Jelaskan Semangat Kebangsaan NU

Selain prioritaskan tata kelola organisasi di tingkat ranting, turba (turun ke bawah) MWCNU Pasongsongan yang terlaksana di Perkumpulan Lailatul Ijtima Ranting NU Panaongan 2 juga menjelaskan semangat kebangsaan NU sebagaimana dalam penyampaian K Abu Thallib saat itu, Rabu (05/07/2023) di Dusun Pangarangan, Desa Panaongan.

K Abu Thallib menerangkan 4 semangat yang melandasi komitmen NU dalam menjaga bangsa ini, yaitu ruh at-tadayun, ruh al-wathaniyah, ruh al-insaniyyah dan ruh at-ta’addudiyah.

At-tadayun merupakan semangat untuk memahami, mendalami, dan melaksanakan ajaran agama,” katanya.

Adapun semangat cinta tanah air atau ruh al-wathaniyah, lanjut Ketua LP Ma’arif Pasongsongan itu, perjuangan NU sudah terbukti sebelum dan setelah Indonesia meraih kemerdekaannya. 

“Bahkan, pasca kemerdekaan 17 Agustus 1945, saat bangsa ini kembali di guncang oleh hadirnya tentara Sekutu (Inggris), resolusi jihad yang dikumandangkan KH Hasyim Asy’ari berhasil menolak kehadiran Sekutu,” imbuhnya.

Ruh at-ta’addudiyah atau semangat menghormati perbedaan bagi Kiai Thallib juga merupakan hal penting dalam menumbuhkan sikap toleransi dan hidup berdampingan secara damai dalam keragaman suku bangsa, agama, adat istiadat dan bahasa.

“Terakhir, ruh al-insaniyyah. Semangat kemanusiaan ini bisa menjaga keseimbangan. Dalam istilah ke-NU-an, Tawasuth. Dengan semangat ini, kita tidak boleh saling mencaci,” terang dia.

Terkait tata kelola organisasi sebagaimana yang diharapkan PBNU, Sekretaris MWCNU Pasongsongan Abd Kadir lebih serius membahas beberapa hal penting yang harus dilengkapi oleh pengurus ranting. Karena itulah, dalam kesempatan tersebut juga diperoleh kesepakatan pengadaan kantor Ranting NU Panaongan 2 yang akan dipusatkan di kediaman Ustadz Namsurah, ketua di ranting tersebut.

“Kantor ranting itu bisa dipusatkan di musholla, langgar, atau bagian dari rumah pengurus. Di kantor itulah, selain sebagai menyimpan dokumen penting, pengurus ranting juga bisa berkoordinasi dalam menjalankan semua program. Karena itulah, kantor menjadi bagian terpenting dalam sebuah organisasi,” jelasnya.  



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar