Ranting Montorna Selatan Gelar Khotmil Qur’an di 3 Masjid


Maknai Ramadhan sebagai bulan turunnya Al Qur'an, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Montorna Selatan menggelar khotmil Qur'an di 3 masjid. Diantaranya digelar di Masjid Al-Maghfiroh, Dusun Lenteng, pada tanggal 31 Maret 2023. Satu minggu kemudian, tepatnya pada tanggal 16 Ramadan 1444 H / 7 April 2023, khotmil Qur'an kembali digelar di Masjid Sabilul Muhtadin, Dusun MontornaTerakhir, dilaksanakan di Masjid Baiturrahman, Dusun Tanggulun pada 14 April 2023..

Selain diikuti oleh semua pengurus ranting, kegiatan yang berlangsung selama tiga minggu itu juga diikuti oleh warga setempat.

Terkait kegiatan tersebut, Rais Ranting NU Montorna Selatan K. Wahli Sahe menjelaskan bahwa khotmil Qur'an yang diselenggarakan di rantingnya didasarkan atas himbauan PCNU Sumenep agar setiap ranting menghatamkan Al Qur'an sebanyak 3 kali selama bulan Ramadhan.

“Atas dasar itulah, kami sepakat melaksanakan khotmil Qur'an di 3 masjid yang ada di 3 dusun. Semoga dengan melaksanakan himbauan ini, kami mendapatkan pahala dan barokah dari para muassis NU,” terangnya saat dihubungi bintangsembilnnews.com lewat whatsApp, Selasa (18/04/2023).

Lebih lanjut, pria yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Banyu Ayu Pamekasan itu menganggap penting memilih masjid sebagai tempat untuk menggelar khotmil Qur'an dengan alasan memakmurkannya.

“Kami menginginkan masjid itu dimakmurkan melebihi yang lainnya, meskipun terkadang sebagian orang memilih kuburan sebagai tempat khotmil Qur'an. Memang, hal itu tidak dilarang. Akan tetapi, ketika kuburan dimakmurkan melebihi masjid, itu perlu dipertanyakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PRNU Montorna Selatan K Abd Aziz mengungkapkan, ada banyak hikmah dan manfaat yang bisa digali dari kegiatan tersebut.

“Dengan khatmil Qur'an ini, kami bisa mengambil hikmah dan manfaat, baik bagi pengurus  di ranting ini atau pula warga nahdliyin di desa ini,” tuturnya. 



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar