Tidak Hanya Jelaskan Administrasi, Turba MWC di Ranting NU Pasongsongan Utara Juga Menyinggung Semangat Kebangsaan NU


Tidak hanya memaparkan pentingnya menyempurnakan administrasi kepengurusan NU di tingkat ranting, Turba (turun ke bawah) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pasongsongan yang dilaksanakan di Ranting NU Pasongsongan Utara juga menyinggung semangat kebangsaan NU, Kamis (01/06/2023) di Dusun Tolabeng, Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan.

“NU berjasa besar terhadap berdirinya negara Indonesia ini. Salah satunya, tentara Indonesia yang dulu disebut TKR (red. Tentara Keamanan Rakyat), tentara divisinya dipimpin oleh para kiai NU tanpa gaji sepeserpun,” ungkap K Agus Sugianto saat memberi materi pada turba tersebut.

Pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, lanjut ketua Lakpesdam NU Pasongsongan itu, bangsa ini kembali di guncang oleh hadirnya Netherlands Indies Civil Administration (NICA) membonceng tentara Sekutu (Inggris) untuk menduduki Indonesia lagi.

“Namun, resolusi jihad yang dikumandangkan KH Hasyim Asy’ari mampu membakar semangat seluruh lapisan rakyat, utamanya di Surabaya. Sehingga mereka berhasil menolak kehadiran Sekutu,” imbuhnya.

Inilah bukti nyata bahwa NU menurut Kiai Agus mampu mengantarkan serta mengawal kemerdekaan Indonesia hingga detik ini.

“Sebagaimana sikap nasionalisme yang tercermin dalam slogan hubbul wathon minal iman, NU tidak akan pernah berhenti mempertahankan NKRI dari ancaman luar. Inilah semangat kebangsaan yang telah dibuktikan NU,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris MWCNU Pasongsongan Ahmad Fauzi lebih serius membahas pentingnya verifikasi dan validasi kepengurusan di tingkat ranting.

“Selain sebagai warning dari PBNU periode sekarang, hal ini juga kami lakukan demi memperkuat struktur NU di tingkat ranting,” katanya.

Pasalnya dalam temuan Fauzi, banyak pengurus ranting yang tidak memahami peran dan fungsinya sebagai pengurus. Anehnya, ada pula yang tidak sadar bahwa dirinya pengurus ranting. 

“Inilah pentingnya menyempurnakan administrasi agar kita tahu tugas dan peran kita sebagai pengurus ranting,” pungkasnya.    



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar