Gus Mul Singgung Cikal Bakal Lahirnya Lesbumi

Ketua Lesbumi NU Pasongsongan Ahmad Jasimul Ahyak singgung cikal bakal lahirnya Lesbumi di lingkungan Nahdlatul Ulama.

“Lahirnya Lesbumi tidak lepas dari semangat zamannya saat itu yang menuntut NU harus segera memperluas perhatiannya di bidang lain dengan membentuk lembaga dan Banom yang berkonsentrasi di bidangnya masih-masing, Salah satunya adalah Lesbumi,” terang pria yang akrab disapa Gus Mul ketika menjadi pemateri dalam acara turba (turun ke bawah) MWCNU Pasongsongan yang digelar di Ranting NU Padangdangan, Ahad (18/06/2026).

Selain faktor internal, lahirnya Lesbumi menurut Gus Mul juga merupakan solusi atas klaim kebenaran Lekra (Lembaga kebudayaan Rakyat) yang saat itu sangat dekat dengan PKI, baik secara kelembagaan maupun idiologis.

“Saat berkesenian mengalami kebuntuan di tengah percaturan politik yang hanya mengklaim Lekra sebagai kiblat dalam berkarya, saat itu pula Lesbumi lahir sebagai penyeimbang dari kekuatan besar tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gus Mul sebut lahirnya Lesbumi juga merupakan reaksi atas dikeluarkanya manifesto politik pada tahun 1959 oleh presiden Soekarno.

“Selain itu, pengarusutamaan Nasakom dalam tata kehidupan sosio-budaya dan politik juga menjadi salah satu lahirnya Lesbumi,” terangnya.




Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar