Al Abanjari Cairkan Suasana Turba di Ranting NU Soddara Timur

Saat turba (turun ke bawah) di Ranting NU Soddara Timur, rombongan MWCNU Pasongsongan dibuat terkagum-kagum oleh kesenian al-banjari yang dipentaskan sebelum inti acara dimulai, Jumat (09/06/2023) di Desa Soddara Timur.

Perpaduan antara musik hadrah dengan beberapa alat perkusi lainnya yang dimainkan, seperti kendang, dalam pengamatan Ahmad Fauzi seakan mampu melahirkan karakter baru dalam pukulan dan vokal.

“Melalui kesenian tersebut, nyanyian dzikir yang bertemakan pesan agama dan sosial seolah mudah diterima jamaah yang saat ini hadir, tanpa terkecuali juga bagi kami dari rombongan MWCNU Pasongsongan,” kata Wakil Sekretaris MWCNU Pasongsongan itu.

Diketahui, hadrah al-banjari merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan lailatul ijtima’ di ranting tersebut yang secara rutin digelar setiap minggu.

Dari kesenian itu pula, PR NU Soddara Timur sukses himpun warga dalam perkumpulan lailatul ijtima’ dengan jumlah hampir 100 anggota.

“Ini merupakan bagian dari strategi pengurus ranting dalam upaya membumikan ahlussunnah wal jamaah (aswaja) An-Nahdliyah, khususnya di Soddara Timur,” terang Ketua Ranting NU Soddara Timur, K Wahidi.




Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar