Gelar Wisuda 2023, MI Nurul Ummah Siapkan Lulusan yang Berkarakter

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ummah, Panaongan, Pasongsongan, menggelar wisuda siswa Raudhatul Athfal (RA) dan peserta didik MI kelas VI tahun pelajaran 2022/2023, Selasa (20/06/2023).

Prosesi pelepasan dan wisuda yang dipusatkan di halaman madrasah tersebut dihadiri oleh segenap alumni, wali murid RA dan MI.

Pada kesempatan tersebut, Kepala MI Nurul Ummah Ustaz Saiful Hidayat dalam sambutannya menerangkan bahwa sebagai lembaga pendidikan Islam, MI Nurul Ummah akan terus berupaya menyiapkan lulusan berkarakter yang mampu mengintegrasikan pendidikan pesantren dan pengetahuan umum.

“Sebagai lembaga pendidikan dasar Islam yang lebih modern, MI Nurul Ummah memiliki tanggung jawab membekali siswa dengan pendidikan agama dan pengetahuan umum, sehingga akan berdampak positif pada kehidupan mereka selanjutnya,” jelasnya.

Oleh karena itu, alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut menekankan kepada para tenaga pengajar di madrasahnya untuk selalu mendorong semangat siswa dalam belajar.

“Hal inilah yang sejak semula kami tekankan kepada semua guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah ini, sehingga siswa siap menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tegasnya.

Sementara itu, KH. Asyikurrahmah selaku Pengawas Madrasah di Kecamatan Pasongsongan memberi apresiasi positif atas upaya MI Nurul Ummah dalam membuktikan lulusan yang lebih berkualitas serta berkarakter.

“Selain memahami ilmu agama, para alumni madrasah ini juga tidak buta tentang pengetahuan umum. Fakta tersebut bisa kita saksikan sendiri, bagaimana saat mereka menunjukkan kepiawaiannya dalam berbahasa Arab, dan di sisi lain mereka juga mampu memperlihatkan kemahirannya dalam berbahasa Inggris,” ungkapnya. 

Selain prosesi pelepasan dan wisuda, acara tersebut juga disemarakkan oleh pementasan kreatifitas siswa. Misalnya, tari tradisional, nyanyian Islami, penerimaan hadiah, serta berbagai pementasan yang mendidik dan menghibur lainnya.



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar