Kiai Pandji Sebut Yayasan Ma’arif Pasongsongan Sebagai Karunia

Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq menyebutkan, Yayasan LP Ma’arif NU Pasongsongan adalah karunia Allah Swt.

Hal itu disampaikan sebagai pembuka dalam taushiyahnya di Haflatul Imtihan yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU Pasongsongan, Senin (24/06/2023), di Dusun Pakotan, Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan. 

“Yayasan Ma’arif adalah satu-satunya lembaga pendidikan di Sumenep yang bisa merangkai berbagai potensi, sehingga berwujud Istikmalunnajah,” ungkap beliau.

Di kecamatan lain, dalam temuan beliau, tidak ada yayasan seperti LP Ma’arif NU Pasongsongan. Bahkan di Kabupaten Sumenep,  lanjut beliau, juga tidak ada yayasan seperti itu.

“Saya sering memperbincangkan hal ini, yakni tentang keberadaan sebuah pondok pesantren yang masih eksis meskipun tanpa lembaga pendidikan formal. Entah, apakah ini karunia,” tutur beliau.

Pasalnya, di tengah beragam gempuran pasca reformasi, menurut Kiai Pandji, tidak ada pesantren yang bisa bertahan tanpa memiliki sekolah formal.

“Ini adalah karunia yang luar biasa di tengah-tengah semakin hiruk-pikuknya lembaga pendidikan. Karena saking hiruk-pikuknya, sebagian hanya membawa fitnah. Itu hanya sebagian, tidak semuanya,” jelas beliau.

Karena itu, beliau mengajak bersyukur serta bersama-sama melaksanakan estafet yang dirintis oleh para muassis di Pasongsongan, khususnya KH. Muhammad Mustofa Mukammal (alm).

"Sebelum diteruskan, mari kita bertawasul kepada Kiai Mustofa Mukammal dengan harapan, beliau bahagia di alam kubur. Dan, semoga kita diberi kekuatan untuk melanjutkan warisan beliau serta para muassis lain yang telah berpeluh-peluh berjuang agar yayasan Ma’arif ini eksis dan berguna bagi masyarakat,” ajak beliau berharap.



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar