PC Fatayat NU Sumenep Gelar Ngaji Kesehatan di Al-Istikmal Pasongsongan

Sebagai ikhtiar dalam meningkatkan kesehatan reproduksi khususnya bagi kaum santri, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Sumenep Bidang Kesehatan dan Lingkungan (Kesling) menggelar Ngaji Kesehatan melalui program Gerakan Sehat Fatayat untuk Santri Nusantara (Gafantara), Rabu (30/08/2023), di Pondok Pesantren Al-Istikmal, Dusun Pakotan, Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan. 

Selain diikuti segenap santriwanti Al-Istikmal, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pengurus PAC Fatayat NU Pasongsongan, dan beberapa pengurus ranting setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PC Fatayat NU Sumenep Nyai Dina Kamilia mengapresiasi antusiasme peserta karena kegiatan itu juga diikuti oleh perempuan yang sudah berkeluarga serta memiliki cucu.

“Saya acungkan jempol atas semangat yang ditunjukkan sampean meski usia dan kesibukan seakan tak memungkinkan. Namun, dengan tulus, sampean masih menyempatkan diri untuk berkhidmat di NU, dan terus berupaya menjadikan Fatayat sebagai organisasi untuk belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Kesling PC Fatayat NU Sumenep, dr. Virzannida Busyro dalam salah satu penyampaian materinya mengutarakan tentang pentingnya memahami kesehatan reproduksi sejak usia dini.

“Untuk itulah, pada tahun ini kami mengangkat tema kesehatan reproduksi sebagai program kerja PW Fatayat NU Jawa Timur,” tuturnya.

Lebih lanjut, dr. Virzan juga menyinggung ancaman penyakit menular seksual di lingkungan keluarga dan masyarakat yang bisa saja mengintai setiap waktu. Ancaman tersebut, bagi dokter muda itu, hanya bisa dicegah dengan setia kepada pasangan.

“Maka dari itu bagi adik-adikku yang belum menikah, pilihlah laki-laki yang takut sama keluarga. Sebab laki-laki yang seperti itu akan sayang pada keluarganya. Jadi, jangan cuma cari laki-laki yang kaya dan ganteng,” tegas dia.



Pewarta: Ning Khalilah Rakib
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar