Refleksikan HSN 2023, Pergunu Pasongsongan Ziarah ke Makam Aulia dan Muassis NU

Refleksikan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Pasongsongan menyelenggarakan ziarah ke beberapa makam Aulia dan para Muassis Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur sejak Kamis (26/10/2023) kemarin.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu, diawali dengan berziarah ke makam Syaikhona Kholil, Bangkalan. Kemudian dilanjutkan ke makam Sunan Ampel, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Sunan Drajad, dan Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi. Sedangkan makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi pamungkas dalam perjalanan ziarah tersebut.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Ketua PAC Pergunu Pasongsongan K. Sudahri berharap, kader Pergunu di Pasongsongan mampu meneladani semangat para santri dan ulama NU terdahulu yang mati-matian berjuang demi tegaknya NKRI ini.
 
“Selain ngalap berkah, ziarah ini digelar juga untuk mengingat dan merenungkan kembali perjuangan serta pemikiran para santri dan muassis NU saat memperjuangkan bangsa ini, sehingga kita bisa meneladani,” terangnya saat ditemui bintangsembilannews.com.

Karena itulah, Kiai Sudahri ajak segenap Pengurus PAC Pergunu Pasongsongan turut serta dalam ziarah tersebut.

“Sebagai ikhtiar batin, kegiatan spiritual ini penting dilakukan oleh setiap pengurus. Tentu saja, selain untuk organisasi, juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri,” tandas dia.




Pewarta: Siti Sofiyahn
Editor: Hamdan
Dokumen: MWCNU Pasongsongan 

Posting Komentar

0 Komentar