Panen Pahala di Bulan Ramadhan, Takmir Masjid Jamik Al-Ishlah Pasanggrahan Galakkan Berbagai Kegiatan

Allah Swt. memanjakan hamba-hamba-Nya dengan limpahan pahala di bulan Ramadhan. Tak salah jika pada bulan suci ini disebut sebagai bulan panen raya bagi orang-orang yang mampu menebar amal kebaikan sebagaimana yang dilakukan Takmir Masjid Jamik Al-Ishlah Pasanggrahan, Ambunten Timur, utamanya dalam menghidupkan masjid dengan berbagai kegiatan positif selama bulan puasa Ramadhan.

Mohammad Abdus Somad menerangkan, kegiatan buka bersama dan kultum Ramadhan yang dimulai sejak 12 Maret hingga 7 April 2024 mendatang akan ditutup dengan doa khatam Al-Quran.

“Sebagai acara puncak, kegiatan tersebut menghadirkan segenap Takmir Masjid, masyarakat setempat, dan narasumber yang istiqomah mengisi kultum Ramadhan,” terangnya kepada bintangsembilannews.com saat dihubungi lewat WhatsApp, Senin (25/03/2024).

Dalam acara puncak tersebut, lanjut Sekretaris Takmir Masjid Jamik Al-Ishlah Pasanggrahan itu, juga digelar penyerahan bingkisan kepada Imam Rawatib, Imam Jum'at, Muadzin, dan semua narasumber kultum Ramadhan.

“Tentu saja ini dilakukan sebagai tanda terima kasih atas pengabdian yang telah mereka berikan meskipun hal itu tidak bisa dinilai dengan apa pun,” imbuhnya.

Diterangkan pula, materi kultum yang disajikan jelang buka puasa diantaranya, pembacaan kitabi, ayat-ayat Al-Qur'an, hadits-hadits shahih, dan hikmah ramadhan.

“Adapun tujuan digelarnya kultum dan buka bersama yang digelar setiap hari selama bulan Ramadhan yakni, memupuk kebersamaan antar Takmir dan masyarakat sekitar, jalin silaturrahim, dan memakmurkan masjid dengan kegiatan kajian hikmah ramadlan,” jelasnya.

Kegiatan semacam ini, tutur Abdus sapaan akrabnya telah berlangsung sejak Ramadhan tahun 2023 lalu.

Terkait pembiayaan buka bersama, dirinya bersyukur atas kedermawanan para donatur yang terus mengalir, baik itu bersumber dari kantong pribadi Ketua Takmir, Anggota Takmir, dan masyarakat setempat.

“Meskipun sesekali harus menggunakan kas masjid, namun Alhamdulillah, atas sikap yang dermawan tersebut, tanpa diminta mereka bersedia memberikan takjil, baik berupa nasi bungkus, nasi kotak, kue, dan minuman pelepas buka,” syukurnya.

Selain buka bersama, Abdus menerangkan bahwa Takmir Masjid Jamik Al-Ishlah Pasanggrahan berencana akan mengadakan kegiatan berbagi Kurban.

“Pada Hari Raya Idul Adha mendatang, Takmir Masjid siap menerima dan melayani kurban,” pungkasnya menambahkan.




Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar